Rabu, 22 Desember 2010

BAGAIMANA MEMAKNAI USIA 10 TAHUN SLEMANIA

Perjalanan usia Slemania kini telah genap 10 tahun dalam mengawal Super Elang Jawa PSS Sleman. Bukan suatu umur yang muda bagi komunitas supporter yang kini marak dinegeri ini. Namun tua atau muda usia sebuah komunitas suporter bukan suatu jaminan bahwa para anggotanya akan dewasa atau sebaliknya kekanak-kanakan.

Regenerasi anggota membawa perubahan yang signifikan dalam perjalanan usia Slemania. Para tokoh pendiri Slemania yang dulu begitu gigih dalam membangun sebuah komunitas dengan segala tantangannya adalah sebuah cerita atau sejarah perjalanan Slemania yang tak boleh dilupakan. Cita-cita membangun sebuah komunitas supporter yang sportif, atraktif dan anti anarkhi dalam mengawal Super Elja adalah tujuan utama. Sllemania bukanlah sekumpulan orang-orang yang berfikir kerdil dalam memberikan support terhadap tim kesayangannya PSS Sleman.
 
Tak dapat dipungkiri bahwa maju mundurnya sebuah komunitas supporter yang bersifat tidak mengikat ini adalah sebuah tantangan tersendiri bagi para pengurusnya. Berbagai macam latar belakang dan pandaDitulis oleh : Krisno ngan tumpah dan bercampur jadi satu. Sulit mengurai bila terjadi suatu keadaan yang darurat, karena keanggotaannya bersifat terbuka dan mengalir begitu saja tanpa ada paksaan atau kampanye agar semua orang mau masuk menjadi anggota. Sebaliknya semua berkembang dengan sendirinya dan tanpa ikatan yang kuat kecuali ikatan bathin.

Kesadaran akan tujuan menjadi bagian Slemania adalah hal mendasar yang musti dimengerti oleh setiap anggota. Kebanggaan menjadi Slemania adalah kebanggaan yang dibarengi dengan tindakan membangun komunitas Slemania, bukan sebaliknya menghancurkan Slemania dari dalam ataupun menghancurkan dengan tindakan-tindakan yang tidak sportif diluar lapangan/stadion. Supporter lawan adalah supporte didalam stadion, diluar stadion kita semua bersaudara sebagai warga negara indonesia. Sepantasnya kita bangga bukan karena kita masuk blok ini dan blok itu. Tapi kita harusnya bangga menjadi satu diantara dari sekian puluh kelompok supporter tanpa harus memilih ataupun membedakan dan membandingkan satu sama lainnya.

Slemania sebagai wadah membangun jati diri kita sebagai warga Sleman yang terus memberikan support terhadap perkembangan olahraga Sleman, khususnya PSS Sleman. Slemania sebagai ajang silaturahmi para pemuda Sleman yang santun dan punya tatakrama atau unggah ungguh dalam pergaulan dengan pemuda lain dinegeri ini.

Kita mengaku dan pengen diakui oleh orang lain bahwa Slemania itu besar, tapi bukan untuk sok jagoan atau mengecilkan yang lain. Kita Slemania itu besar karena ada yang kecil, tapi tak seharusnya kita menyepelekan yang kecil. Kita harus jaga kebesaran Slemania dari rongrongan baik itu dari luar maupun dari dalam Slemania itu sendiri. Kita harus saling jaga, saling mengingatkan dan memberikan pengertian dasar apa arti supporter.

Ditulis oleh: Sukrisna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berita Sebelumnya