Sabtu, 12 Mei 2012

HIJAU

Makna & Arti Warna Hijau Selalu dikaitkan dengan warna alam yang menyegarkan karena warna hijau membangkitkan energi dan juga mampu memberi efek menenangkan, menyejukkan, menyeimbangkan emosi. Warna Hijau ini elegan, menyembuhkan,. Nuansa hijau dapat meredam stres, memberi rasa aman dan perlindungan.


Sebuah klub sepakbola pasti memiliki warna kebesaran tersendiri. Warna kebesaran yang di pilih biasanya mempunyai nilai esensi dan filosofi tersendiri. Tak jarang pula kadang di kaitkan dengan sejarah klub tersebut.

Jersey PSS yang mayoritas berwarna hijau sekarang mungkin mempunyai filosofi tersendiri. Mengutip alasan dr mas Rico, “aku ada tuh video kenapa PSS berwarna hijau, langsung dari mbah Kidi saat diwawancara dalam video”, dia menambahkan, “alasanya simple, saat orang bermain bola pasti selalu bilang kelapangan hijau. Nah itu identik dengan rumput, daun, gunung, bukit2. Ya sudah PSS warna-nya hijau”, kata rico yang didapat dari alasan mbah Kidi. Entah alasan yang kuat atau tidak, penulis juga kurang mendapat fakta dan sumber yang benar.

Mungkin dari alasan yang terkesan simple ini bisa ditarik kesimpulan bahwa sepakbola memang selalu identik dengan warna hijau dan kongkritnya tertuang di lapangan sepakbola itu sendiri. Hijau juga bisa diambil artian untuk menandakan anak-anak muda. Bahkan symbol situasi aman di dunia, juga memakai warna hijau.

PSS sleman harus terus berjalan mengarungi kompetisi dengan kondisi dan situasi apapun seperti makna dari warna hijau yang selalu identik dengan jalan “pergi” dalam sebuah sinyal transportasi. Symbol hijau juga dipakai untuk menandakan kesuburan, seperti halnya PSS selalu subur dalam hal mengolah bakat-bakat pemain muda namun belum untuk hal yang disebut prestasi.

Masyarakat Yunani kuno bahkan konon melambangkan warna hijau sebagai symbol kemenangan. Warna yang pas jika dikaitkan dengan PSS karena tujuan utama dari mengikuti sebuah kompetisi tidak lain adalah meraih kemenangan. (RFA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berita Sebelumnya