Kamis, 14 Juli 2011

Basri Banggakan Duet Fachrudin-Tommy

Meski belum menyatakan puas dengan permainan secara tim, pelatih PSS Sleman, Muhammad Basri, mengaku bangga dengan konstensi kedua stoper andalannya Fachrudin dan Tommy Adityo. Menurutnya, duet palang pintu itu semakin menunjukkan kekompakan dari waktu ke waktu.

Basri berujar, Fachrudin-Tommy tak perlu lagi diberikan bimbingan dalam bermain bola. Mereka sudah mengerti betul tugas dan fungsi di lini belakang tim dengan baik. "Baik saat main dengan pola 4-4-2 atau 3-5-2, Fachrudin dan Tommy sudah bisa menguasai. Tak ada masalah untuk mereka," katanya mengomentari kedua pemain bertahan andalannya.

Basri memang sejak lama menjadikan kedua pemain tersebut sebagai punggawa yang patut dicontoh dalam tim. Pasalnya, keduanya memiliki semua kriteria yang damaui pelatih berusia 68 tahun tersebut., yakni postur, tehnik, dan usia muda.

Menurut Basri, kedua pemain ini tak hanya mempu memainkan fungsinya dengan baik, tapi juga mampu berkoordinasi satu dengan yang lain, baik saat tim menguasai bola atau saat tertekan. "Keduanya tahu kapan dan harus bagaimana. Saat Fachrudin menguasai bola, Tommy ada dimana, demikian pula sebaliknya," paparnya.

Dalam Pola 4-4-2 yang diterapkan akhir-akhir ini, duet Fachrudin_Tommy menjadi pilihan utama Basri di lini belakang tim. Postur kedua pemain yang sangat mendukung manjadi alasan utama Basri selalu menjadikan mereka starter, selain teknik yang juga diatas rata-rata.

Manajer Tekni PSS Bambang Nurjoko mengatakan, dengan postur ideal, Tommu dan Fachrudin memang sering memenangkan duel bola udara dengan lawan. Karena itu, jika masih ada Tommy dan Fachrudin, barisan lini belakang akan aman.

Manurutnya, baik Fachrudin dan Tommy, yang akhir-akhir ini dipercaya mengenakan ban kapten, memiliki jiwa kepemimpinan tinggi, khususnya saat tim sedang berada dalam tekanan lawan. "Mereka selalu berani mengambil keputusan dengan cepat dan tepat. Sebagai pemain bertahan, keputusannya sangat besar bagi tim," tuturnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berita Sebelumnya